soal essay informatika kelas 8 bab 6 (analisis data)

oleh ervan danish 8F/15


  1. Apakah tujuan belajar analisis data?
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?                                            

1. untuk bisa menganalisis dan memahami serta membuat kesimpulan mengenai sebuah data                                                                                                                           
2. dengan cara menggunakan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup)
3. Vlookup dipakai jika range data disusun secara vertikal, sedangkan Hlookup dipakai jika range data disusun secara horizontal.
4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu.
5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.
6. peringkasan data adalah untuk menyederhanakan data agar dapat diperoleh informasi yang sesederhana mungkin tentang karakteristik data itu
7. Agar siswa-siswi kelas 8 mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.
8. 
  1. Blok tabel yang ingin dibuat menjadi grafik.
  2. Klik tab 'Insert'
  3. Klik 'Insert Line or Area Chart' pada bagian 'Charts'
  4. Data otomatis akan menjadi grafik.
9. Pencarian data merupakan proses pencarian data yang tersimpan di dalam suatu struktur data
10. Visualisasi data berarti merepresentasikan data/informasi dalam bentuk grafik atau diagram.
11. Pengelolaan data merupakan proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang lebih mudah untuk dianalisa dan dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

12. Fungsi Look adalah salah satu fungsi pencarian dan referensi untuk mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua
13. Match : Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. Posisi dimulai dari 1.
Choose : Mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dala 
Index : Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk.
14. Iya
15. SUMIFS
16. Iya, berguna. Karena data dicari pada table dibuat absolute references agar ketika disalin ke cell berikutnya, isi table array tetap.
17. tidak senang karena susah tapi tertantang
18. pegel nulisnya
19. Pivot berarti berputar mengelilingi poros atau inti. Maka fungsi pivot di Excel dinamakan ‘PIVOT’ karena fungsi tersebut membuat pivot table berisi data yang telah diringkas (berputar mengelilingi) berdasarkan kategori (poros/inti) tertentu.
20. sudah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA OMG!!!!